Posted by: pilkadalampung | May 7, 2007

Warga Keturunan Siapkan Calon Di Pilkada

INDEPENDE LAMPUNG:Iklim jelang pilkada di Kota Bekasi kian memanas. Sejumlah wacana muncul, seperti kelompok yang menginginkan calon independen diakomodir. Sementara, kelompok lain mendesak agar wakilnya diakomodir.

Warga keturunan di Kota Bekasi bahkan mendesak agar ada calon dari warga keturunan. Bahkan sudah menyiapkan calonnya. Alasannya, selain memiliki massa riil, mereka ingin agar kelompok ini mendapat ‘jaminan’ sehingga tidak lagi dianaktirikan.

“Partai politik seharusnya mulai melirik calon dari warga keturunan sehingga aspirasi mereka bisa diakomodir secara lebih baik,” kata Sekretaris Bakom PKB (Badan Komunikasi penghayatan kerukunan umat Beragama, Ferry Sito, mengatakan saatnya calon dari wakil warga keturunan diakomodir. Massa warga keturunan ini sangat riil dan bisa menjadi faktor pemenang dalam Pilkada,” katanya.

Sebelumnya, Ferry menyebutkan jika warga keturunan akan memboikot Pilkada jika tidak ada calon dari warga keturunan. Alasannya, karena mereka selama ini selalu dinomerduakan dan dipersulit saat mengurus data diri.

Ferry menyatakan dukungannya jika Rudy Hermawan, satu wakil dari warga keturunan, bisa diusung menjadi bakal calon dalam pilkada mendatang. Selain dianggap memiliki kemampuan, juka figur Rudi memiliki pengalaman dalam membangun Kota Bekasi.

Disinggung, misalnya PKS mengambil bakal calon dari warga keturunan maka hitungan kemenangan akan lebih baik dari masa pemilih riilnya. Selain itu, dampak lain bisa dianggap sebagai partai yang terbuka.

CALON INDEPENDEN
Sementara itu, kelompok lain menyatakan keinginan agar calon independen diakomodir dalam pilkada mendatang. Pasalnya, calon alternatif ini sebagai pembelajaran masyarakat untuk kebebasan memilih. Ini juga bentuk ketidak percayaan masyarakat terhadap partai politik.

Atas wacana ini, ada desakan agar pelaksanaan pilkada diundur. Berbagai alasan disampaikan, seperti berbarengan saat pelaksanaan haji maupun alasan kesempatan peraturan independen tersebut.

“Kita sudah siapkan langkah-langkah agar pilkada ada calon independen diakomdir,” kata Ariyanto, Presidium KPMD (Kaukus Pemuda dan Mahasiswa untuk Demokrasi), kemarin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: