Posted by: pilkadalampung | May 29, 2007

Pilkada Gubernur Lampung Dipercepat, KPUD dan Parpol Siaga

BANDAR LAMPUNG|INFO PILKADA| Percepatan pelaksanaan Pilkada Gubernur Lampung yang diperkirakan pada Mei 2008 membuat jajaran Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lampung serta partai politik harus bersiaga lebih awal untuk mempersiapkannya.

Informasi dari Sekretariat KPUD Lampung di Bandarlampung, Selasa, meyebutkan adanya persiapan untuk pelaksanaan Pilkada Gubernur Lampung pada Mei 2008, sehingga perlu dilakukan berbagai persiapan yang lebih matang, termasuk dalam pembiayaan yang harus diajukan sebelumnya ke Pemprov dan DPRD Lampung.

Biaya Pilkada Gubernur Lampung diperkirakan mencapai Rp 200 miliar. Padahal saat ini KPUD Lampung bersama KPUD tiga kabupaten (Lampung Barat, Tanggamus, Tulang Bawang) tengah menyiapkan pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati pada tiga wilayah itu yang akan dilaksanakan akhir tahun 2007 sampai awal tahun 2008.

Beberapa anggota KPUD Lampung membenarkan adanya persiapan lebih awal yang harus mereka lakukan untuk pelaksanaan Pilkada Gubernur pada Mei 2008 itu.

Masa jabatan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP dan Wakilnya, Syamsurya Ryacudu berakhir pada Juli 2009. Karena pelaksanaan Pilkada Gubernur itu bersamaan dengan pelaksanaan Pemilu 2009, maka Pilkada itu bisa dipercepat prosesnya tanpa mengurangi masa jabatan gubernur dan wagubnya.

Sejumlah partai politik besar, seperti Partai Golkar, PDI Perjuangan, Partai Demokrat, PAN, PKS, dan PKB telah berancang-ancang untuk melakukan penjaringan dan penyaringan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung.

Berdasarkan UU No 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, partai politik atau gabungan parpol yang mencapai 15 persen kursi di DPRD atau 15 persen perolehan suara pada Pemilu legislatif 2004 yang berhak mengajukan sendiri kadernya.

Dengan demikian, hanya Partai Golkar dan PDI Perjuangan yang berhak mengajukan sendiri calonnya, sedang parpol- parpol lainnya harus menjalin koalisi.

Sejumlah nama yang telah masuk bursa Pilkada Gubernur Lampung saat ini, di antaranya adalahnya Gubernur Sjachroedin ZP, Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof Dr Ir Muhajir Utomo MSc, beberapa bupati dan walikota di Lampung, serta beberapa politisi di Senayan yang berasal dari daerah pemilihan Lampung.

Berkaitan persiapan percepatan Pilkada Gubernur itu, Harian Umum Lampung Post siap menggelar Diskusi Panel “Konsekuensi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung Dipercepat” di Hotel Sahid Bandarlampung pada Kamis (31/5).

Menurut Ketua Panitia Diskusi itu, Alhuda Muhajirin, panelis dalam diskusi panel itu adalah kalangan akademisi asal Lampung, yaitu Dr Suwondo MA (anggota KPU Lampung), Dr Yuswanto (Staf Ahli Politik Gubernur Lampung), Dr Eddy Rifai, Drs Jauhari M Zailani MSc, Drs Nanang Trenggono MSi, dan Drs Syarif Mahya MSi. (ANT/PEP)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: