Posted by: pilkadalampung | June 9, 2007

Mantan Pejabat Kembali “Turun Gunung” Pilkada Lampung

|BANDAR LAMPUNG|INFO|PILKADA|- Sejumlah mantan pejabat, termasuk mantan kepala daerah di Provinsi Lampung, mulai “turun gunung” untuk ’bertarung’ dalam pemilu kepala daerah atau gubernur maupun pemilu bupati di daerah itu.

Untuk bursa perebutan kursi gubernur Lampung, sejumlah mantan pejabat yang disebut-sebut tengah bersiap untuk maju di antaranya mantan Gubernur Lampung Oemarsono, dan mantan Walikota Bandarlampung Suharto.

Komisi Pemilihan Umum (KPU)Provinsi Lampung telah merancang proses pemilu gubernur akan berlangsung mulai Mei hingga Desember 2008 yang akan datang.

Dalam waktu dekat di Lampung juga akan digelar pemilu bupati/wakil bupati di Kabupaten Lampung Barat, Tulang Bawang, dan Tanggamus.

Saat ini, sejumlah mantan pejabat, di antaranya mantan Bupati Lampung Barat, I Wayan Dhirpa telah memastikan maju mencalon bupati di sana. Khusus di Tulang Bawang, mantan Bupati Santori Hasan, juga dipastikan maju mencalonkan lagi dari “perahu” Partai Golkar.

Kemudian di Tanggamus, mantan Bupati di sana, Achmadsyah Putra juga hampir pasti mencalonkan lagi melalui PPP dan koalisinya.

Namun beberapa pengamat politik di Lampung mengingatkan, potensi kandidat kepala daerah dapat memenangi pemilihan selain dari faktor popularitas juga “track-record”nya relatif tidak bermasalah.

Apalagi mereka yang pernah menjadi pejabat atau masih menjabat, akan mudah dikritisi dari kebijakan yang dibuat dan citranya saat menjabat itu.

Hanya mereka juga harus menyiapkan “modal” untuk “gizi politik” mencalon dari partai politik yang memerlukan dana cukup besar.

Padahal calon yang paling diuntungkan dari aspek pembiayaan adalah “incumbent” yang masih menjabat, karena dapat memanfaatkan kekuasaan serta berbagai keuntungan lainnya.

Peluang calon yang bukan ’incumbent’ untuk menang harus diimbangi dengan dukungan kuat pada akar rumput pemilih, tim yang solid dan pembiayaan yang memadai. (ANT/PEP) [kompas]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: