Posted by: pilkadalampung | July 31, 2007

Calon Independen 3 Pilkada Masih Terbuka

AKARTA – Peluang calon independen untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) di Tulangbawang, Lampung Barat, dan Tanggamus masih memungkinkan.

Pendapat ini dilontarkan Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Al Muzzammil Yusuf.  Menurutnya, jalan terbaik selain revisi UU No. 32/2004, keikutsertaan calon independen itu bisa difasilitasi dengan percepatan diterbitkannya Perpu dan perangkat teknisnya. ”Calon independen bisa maju dengan payung hukum yang merujuk Perpu, alasannya karena keadaan atau waktu yang mendesak,” kata Muzzammil, kemarin.

Pendapat senada dilontarkan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Lampung A. Ben Bella. Menurutnya, calon independen di tiga kabupaten yang akan menggelar pilkada di penghujung 2007 itu masih memungkinkan. Terdapat peluang melalui penerbitan Perpu.

Dijelaskannya, keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) secara tegas memperbolehkan pencalonan kepala daerah dari unsur independen itu merupakan hak konstitusi bagi setiap warga negara Indonesia. Keputusan MK itu dimaksudkan untuk memperbaiki derajat politik dan kehidupan berdemokrasi.

Muzzammil mengingatkan agar kelompok pengerak civil society, mulai dari mahasiswa dan penggiat ormas untuk menyuntikkan kesadaran politik kepada publik agar berpikir rasional. Dipastikannya, jika calon independen diusung di luar jalur parpol itu memenangkan pertarungan politik, maka hasil itu baik untuk pencerdasan politik, sekaligus perbaikan seleksi kepemimpinan politik internal parpol.

”Sekarang kesempatan kekuatan masyarakat bisa mengusung calon alternatif mereka dari bawah,” ujar anggota Komisi III DPR RI itu.

Dihubungi terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Ch. Gultom menyatakan, meski memungkinkan namun peluang calon independen sangat kecil. Utamanya untuk mengikuti pilkada di Lambar dan Tuba. Ini dikarenakan proses pelaksanaan pilkada sudah dimulai. Sedangkan untuk pilkada Tanggamus masih terbuka agak lebar karena jeda waktu terbitnya peraturan pelaksana dan peraturan teknis bisa saja keluar dalam tempo dekat ini.

Menurutnya, penerbitan Perpu harus dilandasi dengan pertimbangan keadaan mendesak. Persoalannya, pemerintah pusat yang menggelindingkan bola calon independen belum menanggapi permasalahan ini sebagai sesuatu yang mendesak. Permasalahan lainnya, Perpu belum bisa dijalankan tanpa adanya peraturan pelaksana teknis yang diterbitkan KPU Pusat. (*)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: