Posted by: pilkadalampung | August 12, 2007

Tiga Bupati/Wabup di Lampung Ikut Pilkada

|BANDAR LAMPUNG|INFO PILKADA|Tiga bupati dan wakil bupati (wabup) aktif (incumbent) secara resmi siap ‘bertarung’ dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) di kabupatennya masing-masing pada bulan November mendatang. Sedangkan bakal calon (balon) bupati lainnya, juga terdapat mantan bupati di daerahnya.

Ketiganya adalah Erwin Nizar dan Mukhlis Basri (bupati/wabup) Kab Lampung Barat), Fauzan Sai/Bambang (Tanggamus), Abdurrahman Sarbini/AA Syofandi (Tulangbawang). Sedangkan Wayan Dhirpa yang berpasangan dengan Heru Sambodo, dicalonkan Partai Golkar adalah mantan bupati Lampung Barat (Lambar) periode sebelumnya.

Pemantauan Republika, pekan lalu, ketiga bupati/wabup setelah namanya keluar dari partai yang mengusungnya menuju pilkada, sudah aktif “turun gunung” meraih dukungan warganya. Acara yang berbalut dinas, bakti sosial hingga keagamaan kerap dikunjungi bakal calon, meski lokasinya berada di pelosok. Baliho, spanduk, dan stiker, berisi foto dan nama balon beredar luas.

Berbagai program strategis balon mengemuka di depan masyarakat. Para bupati/wakil tetap menggelontorkan program yang sudah dicanangkan untuk dilanjutkan. Misalnya, masalah pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Wayan Dhirpa mengatakan dirinya siap mengikuti pemilihan di tempat dulu ia mengabdi sebagai bupati, meski incumbent turut bertarung. Jargon yang dimunculkan balon ini adalah soal kemiskinan di Kab Lambar.

“Mengapa masyarakat Lambar harus menerima beras miskin (raskin). Padahal, tanahnya subur dan panennya melimpah. Sekarang kita ubah kemiskinan ini menjadi sejahtera,” kata Wayan Dhirpa didampingi wakilnya Heru Sambodo.

Ketua KPUD Lambar, Mirzalie, mengatakan agenda pilkada memasuki tahap pendaftaran balon hingga 13 Agustus 2007. KPUD, kata dia, sedang melakukan tes calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK). Sedangkan panitia khusus DPRD Lambar sudah berhasil menetapkan lima calon anggota panitia pengawas pilkada.

Dari sejumlah balon bupati/wabup, dalam setiap perjumpaannya dengan publik, sampai saat ini, belum terlihat adanya kampanye hitam (black campagne). Mereka juga sepakat untuk mensukseskan pilkada, tanpa kekerasan. Namun demikian, dari calon independen belum menyatakan siap kalah dan mendukung lawan yang menang.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: